Kuis Teori Organisasi Umum 2
1. Apa
yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Jawab :
Perilaku
Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan serta pengevaluasian produk dan
jasa memenuhi kebutuhan dan keinginan.
2. Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Jawab :
Untuk Mendesain bauran pemasaran,Mensegmen pasar
bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan produk, Melaksanakan analisis lingkungan,Mengembangkan studi riset
pasar
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
Jawab :
Terdapat tiga pendekatan utama
dalam meneliti perilaku konsumen.
Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan
ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi
dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk
memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan
dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
Pendekatan ke dua adalah pendekatan tradisional
yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan
behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan
teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
Studi dilakukan melalui eksperimen dan survei untuk menguji coba teori dan
mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi,
membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ke tiga disebut sebagai sains pemasaran
yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.
Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika
berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi
pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal
dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan
tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing
dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat
saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan
yang dihadapi perusahaan tersebut
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Jawab :
-
Faktor Sosial
-
Faktor Personal
-
Faktor Psikologi
-
Faktor kebudayaan
Jawab :
Sebaiknya
konsumen tidak mudah terpengaruh atas keinginan sesaat, harus teliti
sebelum membeli sesuatu yang di inginkan, apakah barang yang akan kita beli
itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan sesaat dan apakah dapat bermanfaat
untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk
mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.
Terimakasih berbagi Ilmunya :) => Visit Us
BalasHapus